30 Jul 2019 / Rumah Sakit

7 Rekomendasi Rumah Sakit di Singapura Pilihan Pasien Indonesia

Bolak-balik berobat ke Singapura bukan hal aneh buat orang Indonesia. Buktinya, dari tahun ke tahun, jumlah orang yang berobat ke luar negeri cenderung meningkat. 

Khusus Singapura, setidaknya lebih dari 350.000 orang Indonesia pergi berobat ke Singapura setiap tahun.

Meskipun begitu, wajar kok kalau kita merasa berobat ke luar negeri itu merepotkan, apalagi buat yang belum pernah melakukannya. 

Itulah kenapa banyak orang pakai layanan gratis Smarter Health buat berobat di dalam atau luar negeri. 

Dengan Smarter Health, kita tidak lagi repot daftar di rumah sakit, cari dokter spesialis & booking jadwal konsultasi. Bahkan, kita juga bisa tahu estimasi biaya berobat. Semua bisa dilakukan lewat handphone, tanpa perlu hamburkan uang telepon ke luar negeri.

Anggaplah semua urusan dokter dan lain-lain, sudah beres diurus Smarter Health, tapi kita tetap penasaran mau tahu, “rumah sakit mana aja sih yang recommended di Singapura?”, maka, silakan cek rekomendasi rumah sakit di Singapura dari kami:

 

Mount Elizabeth Hospital Singapura

rumah sakit Mount Elizabeth Hospital Singapura
Rumah sakit Mount Elizabeth Singapura (sumber: mountelizabeth.com.sg)

Klik untuk bantuan gratis berobat ke Mount Elizabeth Singapura

Mount Elizabeth Hospital menjadi salah satu rumah sakit yang mempelopori layanan kesehatan berkualitas di Asia Pasifik. Mount Elizabeth Hospital adalah salah satu rumah sakit dari Parkway Pantai group.

Berdiri sejak 1979, kualitas Mount Elizabeth Hospital telah diakui dunia internasional lewat Joint Commission International (JCI). 

Komitmen Mount Elizabeth Hospital dalam memberi layanan kesehatan berkualitas, tercermin dengan implementasi teknologi medis terbaru. Seperti di tahun 2014, robot MAKOplasty digunakan untuk tindakan bedah lutut parsial. 

Daya tampung Mount Elizabeth Hospital mencapai 333 pasien rawat inap. Terdapat 8 center of excellence di Mount Elizabeth Hospital, meliputi bidang penyakit kanker, kesehatan tulang, kesuburan pria dan wanita, saluran cerna, darah, jantung, saraf dan kesehatan wanita serta anak-anak.

 

Mount Elizabeth Novena Hospital Singapura

Klik untuk cek jadwal & buat janji dokter di Mount Elizabeth Novena

Mount Elizabeth Novena Hospital adalah cabang kedua Mount Elizabeth Hospital, yang diresmikan pada tahun 2012. Kualitasnya pun telah terakreditasi lembaga dunia, Joint Commission International (JCI).

Lokasinya ada di 38 Irrawaddy Road, atau berjarak hanya sekitar 10 menit berkendara dari Mount Elizabeth Hospital. Meski berdekatan, Mount Elizabeth Novena Hospital dianggap lebih strategis karena berlokasi di pusat kesehatan Singapura; banyak rumah sakit negeri atau swasta serta klinik di sekitarnya. Banyak juga hotel, pusat belanja dan kuliner di sekelilingnya.

Meskipun berusia muda, komitmen Mount Elizabeth Novena dalam memberikan layanan kesehatan terbaik pun terbukti. Tahun 2017, Mount Elizabeth Novena Hospital, menjadi rumah sakit pertama di ASEN yang menggunakan alat 3D mammography untuk deteksi kanker payudara.

Namun, tak ada perbedaan kualitas antara Mount Elizabeth dengan Mount Elizabeth Novena. Keduanya bisa menjadi pilihan bagi kita dengan pertimbangan lokasi. Semua dokter dapat melakukan tindakan medis di kedua rumah sakit.

 

Mount Alvernia Hospital Singapura

rumah sakit Mount Alvernia Hospital singapura
Rumah sakit Mount Alvernia Hospital Singapura.
(sumber: mtalvernia.sg)

Klik untuk cek jadwal & buat janji dokter di Mount Alvernia Hospital Singapura

Mount Alvernia Hospital adalah rumah sakit pertama juga satu-satunya di Singapura dengan model bisnis non-profit. Artinya, keuntungan bisnisnya disalurkan kembali untuk operasional,  aktivitas sosial dan Assisi Hospice, sebuah tempat khusus merawat pasien yang sakit parah.

Sejarah awal mula Mount Alvernia Hospital dimulai tahun 1949, berkat tiga biarawati dari the Franciscan Missionaries of the Divine Motherhood (FMDM) yang mengumpulkan uang pribadinya untuk mendirikan rumah sakit, hingga akhirnya Mount Alvernia Hospital beroperasi pada tahun 1961, dengan kapasitas awal 60 pasien rawat inap.

Meskipun Mount Alvernia Hospital dibentuk oleh biarawati Katolik, layanan kesehatannya tak terbatas pada agama tertentu. Sejak 2013, Mount Alvernia Hospital rutin memberikan layanan kesehatan gratis ke lembaga agama lainnya. Contohnya, Pentadbir Masjid Ar-Raudhah, Sree Ramar Temple. Bahkan programnya dilakukan hingga ke luar negeri; Indonesia dan Vietnam.

Saat ini, Mount Alvernia Hospital Singapura memiliki daya tampung hingga 305 pasien rawat inap. Dengan tenaga medis mencapai 1200 dokter terakreditasi, yang di antaranya adalah 120 dokter spesialis.

Setidaknya ada 14 bidang kesehatan yang menjadi spesialisasi Mount Alvernia Hospital, antara lain:

  • Anak-anak
  • Ginjal
  • Hormon
  • Jantung
  • Kanker
  • Kesehatan orang usia lanjut
  • Kesehatan wanita
  • Mata
  • Otak & saraf
  • Paru-paru
  • Saluran cerna
  • Saluran kemih
  • THT
  • Tulang

 

Gleneagles Hospital Singapura

Rumah sakit Gleneagles Hospital Singapura
Rumah sakit Gleneagles Hospital Singapura. (sumber: fb.com/GleneaglesHospitalSingapore)

Klik untuk bantuan gratis berobat ke Gleneagles Hospital Singapura

Gleneagles Hospital telah berdiri sejak 1957 di Singapura. Kualitas Gleneagles Hospital pun telah terakreditasi oleh Joint Commission International (JCI). Bahkan, di tahun 2019, World Health Organization (WHO) memberi pengakuan kepada Gleneagles Hospital Singapua, sebagai rumah sakit yang ramah bayi.

Gleneagles Hospital memiliki centre of excellence yang fokus di bidang penyakit kanker, saluran cerna, kesehatan wanita, jantung, organ dalam, transplantasi organ dan tulang.

Berbagai tindakan medis kompleks pun bisa dilakukan di Gleneagles Hospital, seperti: 

  • Operasi katarak tanpa pisau (Bladeless Femtosecond Laser Cataract Surgery)
  • Bedah kardiotoraks
  • Operasi kanker di reproduksi wanita (kanker ovarium, kanker rahim, kanker vagina, kanker serviks dan kanker vulva)
  • Transplantasi organ hati
  • Bedah jantung invasif minimal (Minimally Invasive Cardiac Surgery)
  • Pemasangan Left Ventricular Assist Device (LVAD)
  • Bedah konservasi payudara (Oncoplastic Breast Conserving Surgery)

Lokasi Gleneagles Hospital terbilang unik, karena berseberangan dengan Singapore Botanical Garden.

 

Farrer Park Hospital Singapura

rumah sakit farrer park hospital singapura
Rumah sakit Farrer Park Hospital Singapura (sumber: farrerpark.com)

Klik untuk bantuan gratis berobat ke Farrer Park Singapura

Farrer Park Hospital adalah rumah sakit termuda di antara yang lainnya. Baru berdiri tahun 2016 lalu, dan diresmikan oleh Menteri Kesehatan Singapura, Gan Kim Yong.

Konsep berbeda dibentuk sejak awal berdirinya Farrer Park Hospital. Rumah sakit ini terintegrasi dengan layanan hospitality: hotel, restoran, fasilitas pelatihan dan klinik dokter spesialis dari berbagai bidang.

Selain puluhan bidang dokter spesialis yang tersedia di Farrer Park Hospital, ada tiga tindakan medis kompleks yang bisa dilakukan di sana:

  • Pengobatan tumor jinak rahim dengan High Intensity Focused Ultrasound (HIFU)
  • MAKOplasty memakai robot untuk penggantian pinggul
  • Pengobatan pembesaran prostat jinak (benign prostate hyperplasia)

Selain kualitas yang jelas andal, alasan mengapa Farrer Park Hospital masuk daftar rekomendasi, karena kapasitas layanan di sana baru sekitar 60% terpenuhi. Artinya, kita bisa berobat atau melakukan tindakan dengan segera; tanpa menunggu lama. Ini terjadi, karena  Farrer Park Hospital dibuka secara bertahap ke publik.

Bagi anggota keluarga yang menemani pasien, Farrer Pak Hospital mungkin lebih menarik, karena terintegrasi dengan hotel bintang lima dan restoran premium khas Jepang dan Singapura.

 

Parkway East Hospital Singapura

Rumah Sakit Parkwat East Hospital Singapura.
Rumah Sakit Parkwat East Hospital Singapura. (sumber: wikipedia.org/wiki/Parkway_East_Hospital)

Klik untuk bantuan gratis berobat ke Parkway East Singapura

Parkway East Hospital termasuk rumah sakit tertua di Singapura, yang berdiri sejak 1942. Namun, nama Parkway East bukanlah nama aslinya.

Awalnya, rumah sakit diberi nama Paglar Clinic and Maternity Hospital. Lalu di tahun 1974, diubah menjadi Saint Mark’s Maternity Hospital. Berubah kembali jadi American Hospital of Singapore pada tahun 1983. Hingga akhirinya, berganti dengan nama yang sekarang mulai tahun 2010.

Seperti rumah sakit lainnya di rekomendasi ini, Parkway East Hospital juga telah terakreditasi oleh Joint Commission International (JCI), sehingga kualitasnya sesuai standar emas kelas dunia.

Terdapat empat bidang centre of excellence di Parkway East Hospital, yaitu: persalinan untuk ibu hamil, kesehatan anak-anak, penyakit THT (telinga, hidung & tenggorokan) dan perawatan cedera tulang akibat olahraga.  

Selain itu, Parkway East Hospital juga melayani tindakan medis khusus, seperti:

  1. Bedah implan koklea 
  2. Bedah tangan (arthroscopy, joint replacement dan penyambungan bagian tangan)
  3. Bedah tulang akibat penyakit atau kecelakaan olahraga

Bukan cuma di bidang kesehatan, inovasi Parkway East Hospital juga dilakukan di manajemen rumah sakitnya. Seperti diimplementasinya Electronic Meal Ordering System (eMOS), yang mengefisiensikan proses penyiapan makanan pasien berbasis digital, sehingga penggunaan kertas berkurang sekaligus kualitas makanan terjaga sesuai kebutuhan atau kondisi medis pasien.

 

Thomson Medical Centre Singapura

Rumah Sakit Thomson Medical Center Singapura
Rumah sakit Thomson Medical Center Singapura (sumber: thomsonmedical.com)

Klik untuk bantuan gratis berobat ke Thomson Medical Centre Singapura

Thomson Medical Centre juga termasuk rumah sakit yang direkomendasikan di Singapura, karena kualitasnya terakreditasi Joint Commission International (JCI).  Thomson Medical Centre telah berdiri sejak 1979 di Singapura.

Di masa awal berdirinya, Thomson Medical Centre fokus pada kesehatan wanita dan anak, terutama pada kandungan dan kebidanan. Namun saat ini, Thomson Medical Centre telah memiliki pelayanan yang berspesialis di berbagai bidang, seperti: sistem hormon, saluran cerna, kolon, penyakit dalam hingga urologi.

Cukup banyak inovasi di bidang kesehatan dilakukan Thomson Medical Centre. Seperti di tahun 2013, dengan diimplementasinya Baby Tagging Solution yang dikembangkan oleh Cadi Scientific. Berkat teknologi ini, setiap bayi terkoneksi secara nirkabel dengan ibu kandungnya, sehingga mengurangi risiko bayi tertukar.

Bisa dibilang, Thomson Medical Centre bisa menjadi pilihan tepat untuk ibu yang akan melahirkan. Berbagai prosedur melahirkan bisa dilakukan di sana, termasuk water birth. Dokter spesialis kandungan di Thomson Medical Centre memiliki teknik mengurangi rasa sakit untuk ibu ketika melahirkan; seperti hypnobirthing, hydrotherapy dan teknik pengobatan tradisional Cina (akupuntur) sebelum melahirkan.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Layanan